Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, masyarakat, komunitas peduli lingkungan termasuk Indofood sebagai pihak swasta mengadakan acara bertajuk Bebersih sebagai benduk kepedulian pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Acara Bebersih berhasil dicatatkan dalam Rekor MURI dengan kategori acara yang melibatkan masyarakat, pihak swasta serta pemerintah dalam bersih-bersih sampah dengan total peserta sebanyak 8.000 orang. Acara ini diadakan pada 23 Juli 2019 di 33 Kecamatan dan 36 lokasi sepanjang Sungai Ciliwung sebagai salah satu sungai strategis sekaligus ikon kota Jakarta yang membentang dari hulu di Kabupaten Bogor dan berhilir di Jakarta Utara sepanjang 119 km.

Sungai Ciliwung dari masa ke masa telah menjadi sumber kehidupan dan aktivitas warga. Pemanfaatan Sungai Ciliwung sebagai sumber air baku, irigiasi dan aktivitas wisata menjadikan sungai ini sebagai pusat kehidupan warga yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya kualitas air Sungai Ciliwung masih belum membaik jika ditinjau berdasarkan standar yang tercantum di PP 82 tahun 2001. Data WWF 2017 menyebut sekitar 300 ton sampah terakumulasi tiap hari di Ciliwung. Sampah ini kemudian tersedimentasi yang menyebabkan banjir bagi wilayah sekitarnya.

Secara nasional, sebanyak 69% sungai di Indonesia tercemar, sementara fungsinya hanya 29% yang menjadi bahan baku. Data lain dari WWF tahun 2018 bahkan menyebut bahwa 82% sungai di Indonesia rusak.

“Kegiatan ini sangat baik untuk mengedukasi  seluruh pihak yang terlibat, termasuk masyarakat yang menyaksikan kegiatan di sepanjang Sungai Ciliwung. Terlebih karena kegiatan ini adalah hasil kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup serta pihak swasta. Indofood sangat mendukung kegiatan Bebersih ini sebagai bentuk kepedulian untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam melindungi dan mengelola ekosistem DAS Ciliwung” Ujar Deni Puspahadi selaku Head of CSR Departement, Corporate Communications Vivision. (Santo Hura – Corporate Communications)

Leave a comment

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-QDZP4FP41N');