Saat ini, Indonesia sedang mengalami permasalahan mengenai gizi, terutama anak-anak dan remaja. Berdasarkan data dari UNICEF dan Bappenas, tercatat 12% anak di bawah usia 5 tahun mengalami wasting (anak dengan berat badan yang tidak sesuai dengan tinggi badan), 12% lainnya mengalami overweight  (kelebihan berat badan), dan 37% mengalami stunting (anak dengan tinggi badan rendah yang tidak sesuai dengan usianya). Data lain mengatakan, kegemukan atau obesitas terjadi pada hampir 15% remaja di Indonesia. Selain itu, UNICEF mengatakan 2 dari 5 remaja perempuan di Indonesia bertubuh kurus karena kurang gizi dan ada 3 juta kasus malnutrisi di Indonesia yang terjadi tiap tahun.

Indofood sebagai perusahaan yang konsisten mendukung usaha pemerintah dalam mengatasi permasalahan stunting bekerjasama dengan Positive Deviance Resource Center (PDRC) Fakultas Kesehatan Masyarakat UI telah melakukan upaya pencegahan mengenai permasalahan gizi di Indonesia  dengan melakukan kunjungan kesekolah-sekolah untuk memberikan informasi dan pengetahuan gizi tentang pentingnya gizi seimbang, 1000 Hari Pertama Kehidupan, Anemia pada remaja dan Kesehatan Remaja.

Usaha tersebut terus dikembangkan dengan mengajak Ruangguru yang merupakan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia untuk ikut serta member edukasi mengenai pentingnya hidup sehat. Dipilihnya Ruangguru karena melihat tren remaja saat ini yang termasuk dalam generasi Z lebih menyukai edukasi melalui aplikasi digital. Saat ini, Ruangguru telah memiliki 8,5juta pengguna dan terus aktif membagikan konten-konten edukatif.

Pada 22 Juli 2018, Indofood, PDRC FKM UI, dan Ruangguru mengumumkan kolaborasi dengan meluncurkan program “Hidup Sehat Yuk!” yang diselenggarakan di XXI Epicentrum, Jakarta selatan. Acara yang dipandu oleh Ruben Donny Andreas dibuka dengan mengundang para pembicara keatas panggung yang diikuti oleh pembagian poster kepada audience yang hadir dengan respon yang sangat meriah untuk mendapatkan poster bertandatangan idola mereka, yaitu actor Iqbaal Ramadhan dan content creator Gita Savitri selaku brand ambassador Ruangguru.

Sesi berikutnya adalah presentasi mengenai Fakta Kesehatan dan Gizi oleh Gita Savitri sebagai seseorang yang sangat menyukai diskusi mengenai berbagai macam isu, salah satunya tentang kesehatan. Gita Savitri membagikan pengalaman pribadinya mengenai masalah bentuk badan yang selanjutnya dapat membentuk perilaku body shaming, yaitu mengomentari fisik orang lain. Dengan adanya komentar-komentar negatif yang ditujukan kepada seseorang, akan membuat orang tersebut mengalami gangguan mental dengan melakukan perilaku makan yang menyimpang atau eating disorders, bahkan memberikan hasil akhir berupa kematian. Menurut studi yang dilakukan oleh National Association of Anorexia Nervosa dan Associated Disorders, 20% penderita eating disorders akan meninggal sebelum waktunya yang disebabkan oleh bunuh diri dan penyakit jantung.

Selanjutnya adalah pemutaran video edukatif hasil kolaborasi Indofood, PDRC FKM UI dan Ruangguru yang kemudian dilanjutkan oleh Presentasi dari Iqbaal Ramadhan yang turut mengundang Axton Salim selaku Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, CEO Ruangguru; Belva Devara, CPO Ruangguru; Iman Usman dan Prof. Dr. Endang Achadi dari PDRC FKM UI untuk demo produk Hidup Sehat Yuk!

“Kami percaya, konten edukasi Hidup Sehat Yuk! Melalui aplikasi Ruangguru ini lebih sesuai dengan kebiasaan generasi Z, sehingga kolaborasi ini diharapkan dapat membantu kita untuk menjangkau lebih banyak remaja dalam waktu yang lebih singkat” ujar Axton Salim yang kemudian diikuti dengan penjelasan oleh Belva dan Iman mengenai fitur-fitur ruang belajar Hidup Sehat Yuk! Fitur yang terdapat di dalamnya berupa materi video, rangkuman berupa info grafis dan juga terdapat latihan soal.

Kemudian Prof Endang menjelaskan mengenai masalah kesehatan remaja yang paling banyak terjadi dan penting untuk diperhatikan di Indonesia dan juga membahas mengenai hal yang dapat dikembangkan oleh Indofood, Ruangguru dan FKM UI untuk memperbaiki masalah tersebut.

Acara yang dihadiri lebih dari 500 orang yang terdiri dari remaja, orang tua, guru, komunitas, media dan social media influencers ini ditutup dengan sesi kuis cerdas cermat bersama penonton dan penampilan music dari Iqbaal Ramadhan, Gita Savitri dan tim Ruangguru.

Leave a comment

window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-QDZP4FP41N');